Kegiatan Prolanis Puskesmas Mojogedang II

DEFINISI

PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

TUJUAN

Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

 

Untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien bagi pasien penderita penyakit kronis, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan menyelenggarakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).
 
Ia juga menuturkan bahwa banyak kegiatan yang telah kita lakukan untuk mensukseskan Program Prolanis ini, diantaranya pemeriksaan lab, penyuluhan dan senam, kita juga menyelenggarakan gerak jalan, piknik, outbond, yang diselenggarakan untuk membuat peserta Prolanis lebih rileks dan senang.
 
Pada awalnya, Peserta Prolanis kebanyakan merupakan peserta pensiunan PNS/TNI, kemudian setelah adanya program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, Peserta Prolanis bertambah dengan bergabungnya peserta mandiri dan peserta penerima bantuan iuran (PBI).
 
Ibu Kokom menuturkan bahwa pihak puskesmas maupun peserta merasa dimudahkan dengan adanya Prolanis. “Setelah ada Prolanis yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, obat yang didapatkan Peserta bisa untuk persedian 1 (satu) bulan, selain itu setelah ada program Prolanis juga obat bisa diantarkan langsung ke masing-masing pasien oleh petugas apotek, dalam hal ini apotek yang telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan dalam penyediaan apotek PRB (program Rujuk Balik) seperti apotek 7 menit”, tuturnya.
 
“Harapan kedepannya BPJS Kesehatan dapat mengcover juga kegiatan-kegiatan lain selain penyuluhan dan senam seperti outbond, piknik maupun gerak jalan”, tutupnya. (NP/rm

 

SUMBER : https://bpjs-kesehatan.go.id/

Bagikan artikel ini...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*